Saat Kegagalan Datang Kembali

14Aug08

Dalam hidup, hal yang lumrah kadang saia merasa SAIA GAGAL. Saia gagal kuliah di teknik industri, saia gagal SPMB pilihan pertama dan kedua, dan masih banyak lagi. Tak usahlah saia sebutkan semua. Apalagi saat hal buruk terjadi untuk kedua kalinya… Saia terpuruk. Saia menangis. Berasa dosa besar apa yang telah saia perbuat sehingga Tuhan menghukum saia seperti ini? (halah… kayak masalahnya berat banget ajah!!)

Kegagalan pertama mungkin tidak akan sangat terasa sakit sesakit kegagalan yang kedua.. Kegagalan pertama tidak membuat saia menangis, Tak setetes air matapun keluar dari mata saia. Tapi, saat saia mulai mencoba lagi, dan lagi-lagi gagal. Saat itulah saia merasa hancur. Gagal dua kali untuk masalah yang sama. Rasanya, seperti ingin menyerah atas hal ini. Rasanya udah “ogah” berkutat di masalah itu lagi..

Tak saia pungkiri, saia memang tidak sempurna. Saat gagal saia sempat menangis, sempat sedih. Sempat trauma juga. Tapi, memang sudah bawaan saia saja kali yah? Alhamdulillah saia bisa cepat menerima kenyataan dan “nrimo” istilah jawanya. Alhamdulillah ada penghapus di kepala saia yang membuat saia mudah melupakan sesuatu hal yang menyakitkan, sehingga saia bisa tersenyum kembali. Setelah cukup meneteskan air mata dan merenung (halah!!) akhirnya saia sadar. Begini proses penyadaran pikiran saia :

Thomas Alfa edisson saja butuh hampir 6000 kali percobaan untuk menemukan sebuah bola lampu… Berkat dia juga dunia jadi terang benderang seperti saat ini. Padahal tidak ada orang yang mendukung dia, alias dia dipojokkan oleh lingkungannya agar menyerah saja.

Seorang pengusaha membuat merk minuman dengan merk awal 1Up gagal. Kemudian mencoba lagi dengan merk 2Up. Lagi-lagi gagal sampai dia mencoba dengan merk 3Up, 4Up, 5Up dan 6Up.. Semuanya gagal total. Akhirnya dia menyerah. Suatu hari seorang pengusaha lain mencoba menerusakan usahanya dengan merk 7Up. And, semua tahu kan? YUP!!! 7Up adalah merk minuman yang saat ini sangat terkenal di dunia. Andai saja pengusaha pertama tidak menyerah pada angka 6, pasti saat ini dialah pemegang merk minuman 7Up itu.

Terus, kanapa saia nyerah dengan masalah saia?? Padahal hanya masalah kecil yang tidak menguasai hajat hidup orang banyak. Hanya berkutat pada hajat hidup saia. Tidak ada alasan bagi saia untuk menyerah. Apalagi saia masih punya dukungan dari banyak pihak. Saia juga masih punya banyak kesempatan. Ada kata-kata bijak yang menguatkan saia disaat saia dirundung sedih, kecewa, dan gagal..

Jikalah derita akan menjadi masa lalu pada akhirnya, Maka mengapa mesti dijalani dengan sepedih rasa, Sedang ketegaran akan lebih indah dikenang nanti.

Jikalah kesedihan akan menjadi masa lalu pada akhirnya, Maka mengapa tidak dinikmati saja, Sedang ratap tangis tak akan mengubah apa-apa.

Jikalah luka dan kecewa akan menjadi masa lalu pada akhirnya, Maka mengapa mesti dibiarkan meracuni jiwa, Sedang ketabahan dan kesabaran adalah lebih utama.

Jikalah kebencian dan kemarahan akan menjadi masa lalu pada akhirnya, Maka mengapa mesti diumbar sepuas jiwa, Sedang menahan diri adalah lebih berpahala.

Jikalah kesalahan akan menjadi masa lalu pada akhirnya, Maka mengapa mesti tenggelam di dalamnya, Sedang taubat itu lebih utama.

Dan karena saia yakin, DIA selalu ada bersama saia DIA selalu melindungi saia Dan DIA menginginkan yg terbaik untuk saia DIA adalah Rabb saia, Alloh SWT, Most Gracious, Most Merciful.

Saia hebat, Saia kuat karena DIA. DIA yg mengajarkan saia untuk hidup melalui cobaan dan ujian-Nya. Berbahagialah kalian yg mendapat cobaan Bersyukurlah kalian yg mendapat ujian Karena bukankah dari semua itu kita bisa belajar? Belajar dewasa, belajar menghadapi masalah. Dari semua cobaan dan kegagalan itu kita bisa kuat. Dan karena kita mendapat semua cobaan dan kegagalan itu semoga Kita menjadi orang2 pilihan-Nya. Wallahua’lam bishowab.

Kita tidak akan pernah mendahului nasib kita. Jadi jangan pesimis atau menyerah. Ingat kata ayah Ikal, “pesimistis tak lebih dari sebuah sikap takabur mendahului nasib.”

Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, yang lain terbuka,.. tetapi kadang-kadang kita menatap terlalu lama pada pintu yang telah tertutup itu, sehingga kita tidak melihat pintu lain yang telah terbuka untuk kita.

So, for all of you guys who feel FAILED.. About your study, your love, your work, your destiny, don’t be sad. We leave in this world just once. Once more, Don’t be sad and don’t ever be give up. Start from now, try to be a tough guy!! (Like Mr. Boomba-the funky tough guy :)) We still have our LORD, Alloh SWT. And be sure, HE will give the best for us. HE will always lead us to the right way. Amiin.



2 Responses to “Saat Kegagalan Datang Kembali”

  1. karena kegagalan adalah keberhasilan bagi orang yang bersabar, dan keberhasilan adalah nikmat bagi orang yang bersyukur…

  2. Kata dosen saya, kegagalan tu kesuksesan yg tdk sukses. just kid…hehe

    Iya, kegagalan tdk bisa dijadikan alasan utk berhenti berharap. Melainkan harus jadi pemicu kita utk berusaha lbh jauh lagi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: